8 Agu 2013

Si jagoan Catur ‘’Capablanca”

zainal arifin | 06:43 |

   Pernah dengan nama itu?, pasti anda kenal bila anda adalah pemain catur yang sering baca buku catur.....­Capablanca adalah juara dunia catur yang ketiga dan satu dari lima orang yang mendapat gelar Grandmaster yang pertama (Lasker, Capablanca, Alekhine, Tarrasch dan Marshall). Terlahir dengan nama  José Raúl Capablanca y Graupera (lahir di Havana, Kuba, 19 November 1888).

Dia belajar bermain catur dalam usia yang sangat muda ( 4thn) ketika melihat ayahnya sedang bermain catur, dalam usia 12 thn dia sudah dapat mengalahkan juara nasional kuba, Juan Corzo dan ketika usianya 18 thn dia menghancurkan pemain utama AS,  Frank Marshall. Prestasinya yang menonjol adalah ketika capablanca menjuarai turnamen catur San Sebastian, thn 1911 dengan mengalahkan pemain-pemain kuat pada waktu itu, dan sejak itu namanya mulai dikenal. Capablanca dianggap sebagai pemain yang paling berbakat sepanjang jaman bahkan ada yang menyebutnya sebagai mozartnya catur, dia terkenal sebagai pemain yang memiliki keahlian posisional dengan gaya main yang sangat klasik, posisi caturnya sederhana tapi dengan perhitungan yang sangat jauh kedepan.

Tahun-tahun awal sebelum menjadi juara dunia capablanca banyak mengikuti turmanen-turnamen catur di berbagai negara dengan hasil yang sangat memuaskan, pemain-pemain kuat yang pernah berhadapan dengannya mengatakan bahwa sangat sulit sekali mengalahkannya, bahkan dapat hasil remispun sudah cukup. Dalam tahun 1921 ia merebut gelar juara dunia setelah mengalahkan E.Lasker dalam suatu dwi lomba dan akhirnya gelar tersebut lepas kembali pada tahun 1927 setelah capablanca dikalahkan Alekhine.

Ada satu buku yang dikarang oleh Capablanca yaitu “ Chess Fundamentals “ yang menurut saya sangat bagus untuk dipelajari, dalam buku tersebut Capablanca menerangkan tentang prinsip atau dasar bermain catur, terutama dalam permainan babak akhir, dan juga ada beberapa ilustrasi partai yang dimainkan dan dianalisa oleh Capablanca sendiri.

Oke  bro...saya sangat mengidolakan Capablanca karena gaya permainannya yang simple dan posisional sangat saya senangi,......tapi kalau boleh berandai-andai, siapa yang lebih unggul bila seandainya Capablanca duel dengan Kasparov atau Magnus Carlsen?...mungkin teman-teman dapat memberi komentarnya.......tks

2 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung