15 Sep 2013

Permainan akhir bidak, ( Chess Ending )

zainal arifin | 04:17 | |
Dari tiga fase permainan catur, Opening (pembukaan), Middle game (babak tengah), dan Ending (permainan akhir), hanya penyelidikan opening dan ending yang mendapat penelitian teori, sedang babak tengah biasanya kita mengandalkan taktik, kombinasi dan juga intuisi.

   Babak akhir (ending) menyangkut posisi - posisi yang jumlah buah caturnya berkurang, biasanya ini terjadi setelah pertukaran besar besaran pada babak tengah,  disini kita akan membahas tentang permainan babak akhir bidak.

   Tujuan utama untuk memenangkan permainan dalam babak akhir bidak adalah upaya untuk mempromosikannya menjadi menteri atau perwira lain , untuk mencapai tersebut ada beberapa faktor yang perlu kita perhatikan.

Pertama : Bidak tersebut akan menang bila dia bisa lebih cepat mencapai petak promosi dari pada  raja lawan
kedua : Bila bidak tersebut tidak bisa lebih dahulu mencapai petak promosi maka kemenangan hanya dapat dicapai dengan bantuan rajanya, jadi tugas raja disini adalah mencegah atau mengusir raja lawan dari petak promosi bidaknya.
ketiga : kita harus memperhatikan juga tentang susunan bidak dan tak kalah pentingnya adalah kemenangan tempo

   Sebelum kita membahas masalah ini  lebih jauh,  ada baiknya kita memperhatikan diagram berikut ini
 diagram 1


   Raja putih yang berada di petak a1 bila ingin mencapai petak a8 maka dia dapat melalui petak,a2-a3-a4-a5-a6-a7-dan a8 (tujuh langkah untuk mencapai petak a8), tapi itu bukan satu-satunya jarak terdekat menuju petak a8, raja putih juga bisa jalan lewat b2-c3-d4-d5-c6-b7-dan a8. juga tujuh langkah.

(jadi bila kita lihat  diagram diatas dapat kita simpulkan  bahwa  DALAM CATUR LANGKAH TERCEPAT MENCAPAI PETAK A8 BUKAN HANYA DENGAN GARIS LURUS TAPI BISA JUGA MENYAMPING)

 sekarang mari kita lihat diagram 2


   Langkah terakhir putih adalah bidak a2-a4?. sekarang hitam jalan. Bila putih mengira ia akan menang maka ia akan kecewa karena raja hitam dapat memakan bidak tersebut dengan e4-d5-c6 dan b7.
jadi bagaimana cara putih menang?.  

   Ada cara menang yang lebih mudah, coba anda khayalkan bujur sangkar seperti diagram 2. 
bila hitam melangkah  1,...  Rf3-e4, maka rajanya dapat masuk kedalam bujur sangkar tersebut dan bidak putih akan terkejar, jadi bagi putih usahakan supaya raja hitam tidak dapat masuk ke bujur sangkar tersebut.

lihat diagram 3 

putih menang dengan jalan. 1. Rf5,  Re3  2.Re5,  Rd3  3.Rd5, Rc3 4. Rc5 dan putih menang.

nah....apakah anda sudah mengerti?
sebagai bahan praktek anda dirumah dan untuk menguji pemahaman anda tentang praktek permainan akhir bidak , maka cobalah lihat diagram 4

diagram 4


PUTIH JALAN DAN REMIS, apakah anda tahu jawabannya?


Gens Una Sumus

2 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung